Saturday, December 31, 2016

Pengenalan Sistem Oprasi Linux


Rifki Ferdiansyah - Assalamualikum .. Disini saya akan menjelaskan tentang sistem oprasi linux .

A.Pengertian LINUX
Linux adalah sebuah Operating System (OS) yang merupakan turunan dari UNIX yang pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di UniversitasHelsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuandari banyak programmer dan hacker UNIX di seluruh dunia.

Linux disebarkan secara luas dengan bebas di bawah lisensi gnu, General Public License (GPL) atau lisensi publik umum yang pertama kali oleh Richard Matius Stallman merupakan fokus asli Free Software Foundation (FSF) pada pertengahan Tahun 1980yang berawal dari keresahan pembatasan hak (lisensi) penggunaan sebuah perangkat lunak.

     1.Apa itu GNU ???

Yang dimaksud GNU adalah (Genuine Not Unix = bukan mesin unix) jadi linux memungkinkan bagi pengguna membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerjanya mengubah, atau memodifikasi kodenya, mendistribusikannya lagi dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada padanya 

     2.Apa itu Unix ???

Yang dimaksud Unix adalah satu dari banyak sistem yang menentukan prilaku sebuah komputer. Unix adalah sistem operasi yang memungkinkan sebuah komputer dipakai sekaligus oleh banyak orang (multiuser). Unix menyediakan beberapa peralatan untuk menyelesaikan berbagai masalah, serta untuk berkomunikasi. Unix dapat ditemui di hampir semua jenis komputer. Meskipun terdapat banyak variasinya, pola kerjanya bisa dikatakan serupa. Ini salah satu alasan mengapa Unix begitu populer.
  Yang paling penting untuk diketahui adalah, komputer hanya melakukan apa yang 'diajarkan' (baca: diprogram) padanya. Ia tidak dapat melakukan improvisasi. Jadi, ketika kita bekerja dengan sebuah komputer, sebenarnya kita tidak berinteraksi dengannya, melainkan dengan orang yang memprogram komputer tersebut.
  Linux memiliki banyak Varian atau yang biasa dikenal dengan Distro (Distribusi Sistem Operasi), hal ini disebabkan oleh konsep pengembangan Open Source dan lisensi yang digunakan GNU/GPL.
1. Debian,
2. Redhat
3. Slack
  
Didalam Linux kita sering mendengar Open Soure.

     3.Apa itu Open Source

Pengertian Open Source dalam bahasa Indonesia berarti Kode Terbuka. Kode yang dimaksud adalah kode program .Kode yang dimaksud adalah perintah-perintah yang diketikkan bedasarkan logika yang benar.
Berbeda dengan widows yang menggunakan closed Source.
  • Program hanya dimiliki pembuatnya (terikat).
  • Pengguna hanya dapat menggunakan jika membeli lisensi (mendapatkan izin).
  • Pihak lain tidak dapat mempelajari cara kerjanya (tertutup), tidak pula mengembangkan dan menyebarluaskan.


Terimakasih .Semoga bermanfaat sampai jumpa dilain kesempatan





EmoticonEmoticon

JOIN NOW